Totalitas tanpa batas

Okey kali ini saya akan membuat postingan yang berbeda dari postingan yang sebelumnya, jika postingan saya biasanya tentang cerpen kali ini saya akan membuat postingan yang bertema kan tentang motivasi.
kali ini saya akan membahas tentang TOTALITAS.

Totalitas adalah mengerjakan sesuatu hal kegiatan apapun atau pekerjaan apapun dengan bersungguh-sungguh serta dengan menggunakan seluruh kemampuan yang kita miliki, tidak memandang itu suatu pekerjaan atau kegiatan itu besar bahkan sekalipun kegiatan atau pekerjaan itu bernilai kecil. Mengapa saya katakan demikian karena kebanyakan dari kita ketika kita melihat suatu pekerjaan itu orientasi kita kepada nilai, contohnya banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari kita salah satu contoh simplenya adalah kita bisa lihat betapa banyaknya ratusan ribu bahkan jutaan pelajar Indonesia dari jenjang pendidikan SD,SMP,SMA sampe Mahasiswa tapi lihatlah mereka, apa tujuan mereka bersekolah. Mencari ilmu yang sebenarnya atau (maaf) hanya untuk mendapatkan lembaran kertas yang dinamakan dengan IJAZAH ?, hampir setiap tahun ada puluhan bahkan ratusan kasus siswa-siswi yang mati bunuh diri hanya karena tidak lulus UN, bukankah UN itu merupakan salah satu fase kehidupan?, ini merupakan salah satu masalah klasik khususnya bagi kita pelajar yang ada di Indonesia hal tersebut sangat memperjelas bahwa sebenarnya kita itu terlalu mendewa kan Nilai, ketika orientasi kita sudah kepada besar kecilnya suatu nilai maka yang terjadi adalah kita akan mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan maksimal hanya jika kita memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang besar saja sedangkan sesuatu yang kita anggap kecil maka kita akan mengerjakan hal tersebut asal-asal an saja. Bukankah sesuatu yang besar itu berawal dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu?.
Bukankah tugas seorang pelajar itu mencari ilmu dengan totalitasnya dengan seluruh kemampuannya bukan untuk sebuah ranking atau ijazah?.

Totalitas itu sangat berhubungan erat dengan konsistensi, bukan konsistensi kita terhadap sesuatu hal yang besar tapi mulailah dengan konsistensi dengan hal-hal yang kecil, jika kita belum berkenalan dengan konsistensi dengan hal yang kecil bagaimana jika kita diberi tanggung jawab dengan konsistensi yang besar?. mulailah dengan konsisten dengan hal yang kecil seperti segerakan sholat 5 waktu jika sudah memasuki waktunya sholat, biasakan menabung karena orang yang menabung itu sudah mempersiapkan untuk sesuatu yang tidak terduga-duga, Disiplin dalam setiap kondisi dan lakukan sesuatu hal yang kecl lainnya dengan totalitas dengan bersungguh-sungguh dan dengan seluruh kemampuan yang kita miliki.

Share:

2 komentar

“Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.”